Ngudari Ruwet Renteng

Mencoba memahami kepribadian

Konsisten itu nggak mudah


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Beberapa hari dalam bulan maret kemarin,gue begitu menggebu-gebu waktu nulis,tapi nggak tau kenapa waktu mulai masuk bulan april sampe bulan november ini semangat nulis gue menurun drastis.Emang sih,itu nggak terlalu berpengaruh sama cita-cita gue yang pengen jadi penulis,tapi gue ngerasa udah jadi pengangguran sementara gara-gara vacum nulis buat sekedar ngisi blog.Liat aja statistik pengunjung blog gue yang naik turun dan kebanyakan turunnya daripada naiknya karena inkonsistensi gue dalam menulis.

Sekali lagi,inspirasi,mood,tema tulisan gue permasalahin sebagai penyebab minimnya hasil tulisan di blog gue.Entah karena terkekang rasa malas,hilangnya ide begitu udah didepan laptop,ataupun faktor koneksi internet yang bikin gue males mantengin laptop buat nunggu sinyalnya bagus.Konsistensi,bagi gue bukanlah hal sederhana yang bisa gue ciptakan dalam segala suasana,kemauan dan kebiasaan gue yang harusnya bisa menciptakan suasana konsisten dan kondusif,hingga saat ini masih belum terlahir dari lubuk hati terdalam gue.

Konsisten bukanlah suatu hal yang gampang dibuat,namun bukan mustahil menjadi kebiasaan dan pendirian.Bayangin dan bandingin seberapa sering lo menulis dengan seberapa seringnya lo makan dan minum dalam sehari ??
Yap,memang beda banget antara kebutuhan dan keinginan,kebutuhan bisa diciptakan tanpa harus membiasakan diri terhadap hal yang akan kita kerjakan,sebaliknya keinginan dan konsistensi harus diciptakan melalui kebisaan dan kebiasaan.Menulis dengan rutin minimal satu tulisan dalam sehari,memperhatikan keadaan sekitar,lebih peka terhadap apa yang akan ditulis,aktif mencari kegiatan yang bisa menghilangkan jenuhnya pikiran ketika menulis mungkin bisa menimbulkan mood dan skill anda dalam menulis.

Tapi jangan dikira dengan terbitnya tulisan ini gue adalah orang yang gampang mencari inspirasi buat nulis,jangankan satu tulisan perhari,bisa mublish satu sampai tiga tulisan dalam seminggu udah jadi prestasi tersendiri bagi gue yang masih galau nyari jati diri dalam dunia penulisan.Tapi untungnya dalam dunia galau gue,gue masih punya motto “I’m inspiring and I’ll Inspired” yang sangat membantu gue.Waktu pertama ngeblog sekitar satu setengah tahun lalu,tulisan para blogger senior jadi inspirasi gue buat nyiptain sesuatu yang baru dan bersumber dari ide gue sendiri.Tentu saja tujuan utama dan motivasi gue adalah bisa ngasi doktrin bagi orang-orang yang nyasar dan nggak sengaja baca tulisan gue dan berharap mereka jadi terinspirasi karenanya.

Ada orang yang bilang kalo nulis atau kegiatan rutin bisa tercipta karena kebiasaan atau bisa juga karena Kepepet (terpaksa,red).Jujur dari perasaan terdalam gue dan wajah terganteng gue,gue lebih sering nulis karena mood yang silih ganti keluar masuk dan terpaksa menulis karena adanya suatu lomba blog dan review blogging.Lomba blog bagi gue adalah salah satu bentuk pemaksaan terhadap otak dan badan gue untuk bisa dan harus bisa membuat tulisan berdasarkan syarat dan tema yang ditetapkan panitia lomba tersebut.Sedangkan kalo ada review yang harus gue kerjain itu murni pemaksaan dari sang pemberi bayaran untuk tulisan gue dan bentuk tanggung jawab atas apa yang gue kerjain.

*ngebayangin* Andai aja gue menganggap kalo menulis itu adalah amanah,mungkin gue akan megang perintah dari agama gue bahwa orang yang mengingkari amanah atau khianat adalah orang munafik dan bagian dari penghuni neraka dan berteman dengan syaitan dan iblis laknatullah.Sayangnya rasa bahwa menulis itu adalah amanah Tuhan dalam bentuk dakwah dalam dunia maya belum merasuk dan meresap dalam diri gue.Biarpun gue belum sangat aktif dalam kegiatan menulis gue yakin suatu saat nanti bisa memberi suatu hal hebat dan bersejarah yang belum tentu bisa diberikan orang yang lebih kaya,lebih berpengaruh dan berpendidikan lebih tinggi dari gue.Satu hal yang membuat gue yakin,makhluk Tuhan paling mulia,Rasulullah Muhammad SAW,bisa menjadi manusia paling berpengaruh terhadap peradaban manusia meskipun beliau tidak dapat membaca dan menulis dikarenakan Allah ingin menjaga Rasulullah  dari ketidakpercayaan kaum jahiliyah pada masa itu.

Kini,belajar dan meneladani segala sifat dan ajaran rasulullah gue akan belajar menjaga amanah dan karunia akan bakat menulis yang diberikan kepada gue agar nantinya apa yang gue tulis bisa menjadi inspirasi dan penyemangat buat pembaca tulisan gue.Mulai hari ini,gue akan belajar untuk membiasakan diri dan mengatur waktu sebijak mungkin agar tidak merusak kerja gue,ibadah gue dan tentu saja tidak merusak kegiatan nulis gue.So,apa yang bakal lo lakuin buat menjaga konsistensi lo ??

 

13 comments on “Konsisten itu nggak mudah

  1. danirachmat
    8 November 2012

    wuaaaaah.. baru sempat mampir lagi dimari Mbahe.
    iyaa.. konsisten itu ga gampang emang. tapi mau ga mau kudu dipaksa. biar bisa bertahan blog dan pemikiran kita.
    btw namanya Aa pratama? saya enaknya manggil siapa ya?

    • mbaheariel
      11 November 2012

      hehehe,,panggil saja saya Aa (Anto Agung) Pratama
      terimakkasih sudah mampir !!

  2. sakura suri
    11 November 2012

    kalo gue emang bukan tipe orang yang konsisten A, mungkin cenderung moody. hehe.
    gue sering juga tuh kehilangan semnagat nulis, ntah karena emang lagi down, atau gara2 kebanyakn cerita, jadi nggak tau harus nulis darimana. haha

    • mbaheariel
      14 November 2012

      sama,penyakit moody saya juga susah dihilangin

      • sakura suri
        30 Desember 2012

        cemunguuut kaka!
        ayo nge blog lagi
        :D

      • mbaheariel
        5 Januari 2013

        cemungut,cemungut

  3. aydaidaa
    25 Februari 2013

    Hehehhe…. Kebalik ya sama saya. Justru terkadang saking banyaknya ide tapi waktu ga memungkinkan manteng anteng buat nulis. Bahkan terkadang juga tidak sempat peduli siapa-siapa yang mampir ngintip tulisan saya yang notabenenya masih amatiran. Ada sedikit saran dari saya bagaimana agar kita memiliki banyak ide menulis. Pertama banyaklah membaca apa saja kemudian jangan hanya membaca tapi cari bacaan2 lain yang mendukung bacaan pertama, begitu selanjutnya. Jangan lupa buat buku catatan yg kecil yg bisa dibawa disaku. Sediakan pena juga. Begitu muncul ide dimana dan kapan pun catet. Catet poinnya dulu, apa yg ingin diangkat. Misalnya lihat ojek payung dijalan. Lalu, cari tahu lagi tangkap moment2 pentingnya. Dan jika sudah greget di depan laptop tulis yg kamu catat tadi dan kembangkan. Apa pun ide yg ditemukan catat dulu aja, nah kalau pas punya waktu luang bingung mau nulis apa tinggal buka bukunya dan tancap gas nulis bisa2 5-7 artikel skali posting. Heheheee…. Itulah kenapa kalau saya nulis cuma kadang2 tapi langsung mbrudul karena memang waktu saya yg terbatas untuk menulis. Pulang kerja capek dan tidur setelah nyelesaiin ritual keperempuanan. Hehehee…. Lanjut nulisnya.

    • mbaheariel
      6 Maret 2013

      matur tengyu atas sarannya Guru,muridmu yang masih ingusan ini siap belajar dan menyimak *eh*

  4. ndop
    10 Maret 2013

    saya susah nulis blog kalo ada job posting tema tertentu. Kalo menulis sesuai kata kati, setiap hari pun bisa ada ide hehehe..

    • mbaheariel
      15 Maret 2013

      nah itu masalahnya mas ndop,kalo ada duit,otak saya juga susah diajak jalan !!

  5. nopan
    26 April 2013

    bener banget. blog saya aja rajin2nya update pas akhir taun. krn kerjaan banyak, jadi nunda2 eh malah skg keterusan jarang update. semangat mas!!!

    • mbaheariel
      15 Mei 2013

      ternyata bukan cuma saya toh yang ngalamin ini *puk puk*

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on 4 November 2012 by in artikel, Blog and tagged , , , , , , .
