Ngudari Ruwet Renteng

Mencoba memahami kepribadian

Bukan Kartun Woody Woodpecker


Woody Woodpecker adalah salah satu karakter icon kartun fenomenal yang populer di tahun 1950-an, dan tetap memiliki banyak penggemar hingga saat ini.

Kali ini saya tidak hanya akan membahas mengenai tokoh kartun satu itu melainkan juga melihat bagaimana sebenarnya seekor Woody, seekor burung pelatuk dan peranannya dalam kehidupan ini.

Paruh burung pelatuk adalah paruh terkuat di alam. Seekor pelatuk dapat mematuki sebuah lubang kayu 25 patukan per detik. Pelatuk Muka Merah, mematuki kayu dengan kecepatan sekitar 21km/jam, dan setiap kali membenturkan paruhnya pada sebuah kayu, otak burung pelatuk mengalami gaya kelembaman sekitar 10G. Pelatuk Hitam membenturkan paruhnya ke pohon antara 8.000 hingga 12.000 kali setiap harinya.

Berbagai jenis pelatuk ini tidak pernah mengalami gegar otak. Keluarga pelatuk telah mengembangkan fitur-fitur yang luar-biasa dari aktifitas mematuk dan membenturkan kepala ke batang pohon. Dengan kepala yang dirancang untuk meredam tiap benturan tersebut, burung Pelatuk dapat menghindari cidera serius akibat kegiatan mematuknya tersebut.

Model kepala burung Pelatuk kini telah di teliti secara serius untuk mempelajari bagaimana mendapatkan safety dari benturan yang kuat, juga untuk memahami bagaimana mekanisme penting untuk menghindari cedera di bagian kepala.

Contoh dari bentuk teknologi dari pembelajaran manusia akan burung pelatuk yakni bisa kita lihat secara serius pada sebuah helm. Studi awal mengenai anatomi kepala burung pelatuk telah memungkinkan untuk mengeksplorasi sistem perlindungan yang berbeda secara radikal dari yang selama ini digunakan. Helm yang digunakan manusia untuk menghindari kepala kita dari benturan secara langsung ternyata benar-benar diilhami dari bentuk dan guna serta manfaat dari sebuah paruh burung Pelatuk.

 

 

Tulisan ini Re-Posting dari Belajar Photoshop ,,,Buat owner Belajar Photoshop,,,matur thankyou udah ngasi ijin buat Re-Posting

 

 

8 comments on “Bukan Kartun Woody Woodpecker

  1. Hardiyanto Takula
    9 Agustus 2011

    Burung Pelatuk memang didesign oleh Allah untuk selalu mematuk pohon, sebagai pelajaran bahwa setiap makhluk tentu memiliki keunikan yang harus dijaga…

    salam kenal bro, ini kunjungan balik sekaligus kunjungan perdana di blog ini.

    • mbaheariel
      9 Agustus 2011

      ya begitulah om hardiyanto Takula,,semua yang ada di bumi ini diciptakan sempurna oleh Allah SWT.

  2. Belajar Photoshop
    11 Agustus 2011

    wahhh ternyata beneran di post.. mantaaabbb!!! terimakasii kang tuk kesediaannya.. saiia sendiri tau ini waktu dengerin smart fm kang.. radio :p buru2 tak catet di otak saiia yg gag seimbang ini :)

    • mbaheariel
      11 Agustus 2011

      ok sama-sama om,,,saya juga ngucapin terimakasih karena udah diijinin buat CoPas,,,
      btw itu kok avatar sampeyan orang pake blangkon,emang sampeyan asli mana??

  3. tities
    16 Agustus 2011

    halo~~

    link kamu udah nampang tuh di blog saya^^

    • mbaheariel
      18 Agustus 2011

      ok matur thanks,,,,udah dipasang balik tuuuuuhhh

  4. fanny
    17 Agustus 2011

    suka banget dg film kartun woody…

    • mbaheariel
      18 Agustus 2011

      sama mbak,,,cuman sekarng udah nggak ditayangin,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 9 Agustus 2011 by in artikel, Blog, Heart, Profil and tagged , , , , , .
%d blogger menyukai ini: