Ngudari Ruwet Renteng

Mencoba memahami kepribadian

Kata Yang Menguatkan Persahabatan


Masing-masing kita tentu mempunyai teman atau kawan.  Diantara teman atau kawan kita itu ada yang menjadi sahabat atau sohib atau sahabat karib, teman akrab, atau soulmate, atau apapun sebutannya yang menyatakan pertemanan atau perkawanan yang mendalam. Kita mengenal keluarganya, dan dia pun mengenal keluarga kita, sehingga ada yang benar-benar sudah menjadi bagian dari keluarga.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat hubungan tersebut. Sering kali hal yang paling efektif yang dapat Anda lakukan, hanya melibatkan dua atau tiga kata saja. Tetapi hal itu sudah menjadi magnet dan air yang menyejukkan. Ketika anda mengatakannya dengan tulus, kata-kata ini sering memiliki kekuatan untuk mengembangkan persahabatan yang baru, atau mempererat yang lama dan bahkan membawa keutuhan bagi hubungan yang sedang atau telah memburuk. Diantara beberapa kata yang mungkin dapt kita ucapkan adalah:

Aku akan membantumu atau Biarkan Aku Membantu
Teman atau sahabat yang baik dapat melihat kebutuhan temannya dan kemudian mencoba untuk mengisinya. Ketika mereka melihat ada yang menyakiti,  maka mereka akan melakukan apa yang mereka bisa untuk menyembuhkannya. Tanpa diminta, mereka melompat masuk dan membantu. Dan kata-kata “Aku akan membantumu”  atau “Biarkan aku membantu” merupakan anugerah yang sedikit banyak sangat menghibur dan bermakna sangat dalam. Let Me Help!
Aku Mengerti Kamu, Aku Memahami Kamu
Orang menjadi lebih dekat dan lebih saling memiliki ketika orang lain menerima dan mengerti akan mereka. Membiarkan teman atau sahabat  Anda tahu ~ begitu banyak hal kecil ~ bahwa Anda memahami mereka, adalah salah satu alat yang paling ampuh untuk mempererat hubungan Anda. Dan hal ini dapat diterapkan pada setiap hubungan. Kapan kata-kata ini digunakan, ketika anda melihat bahwa teman atau sahabat anda membutuhkan saran dan pendapat anda. Sebagai contoh Anda bisa katakan,”Aku mengerti Kamu, makanya aku sangsi kalau……”. I Understand You!
Aku menghormati Kamu
Menghormati adalah cara lain untuk menunjukkan cinta. Hormati orang lain menunjukkan bahwa kita adalah samar. Jika Anda berbicara dengan anak-anak Anda seolah-olah mereka orang dewasa,  Anda akan memperkuat ikatan dan menjadi teman dekat. Ini berlaku untuk semua hubungan interpersonal. Saling menghormati sebenarnya tidak perlu diutarakan, gerak-gerik dan tingkah laku kita dapat mencerminkan penghormatan kita pada orang lain. Tapi tidak ada salahnya, suatu saat anda mengatakannya,”Aku menghormati kamu, makanya aku…..” I Respect You!
Aku Kangen Kamu atau Aku Rindu Kamu
Persahabatan mungkin lebih bisa diperkuat jika teman atau sahabat berkata dengan tulus  satu sama lain (ini merupakan penegasan kuat), dengan memberitahu bahwa mereka diinginkan, dibutuhkan, diharapkan dan dicintai. Rasakan betapa pentingnya Anda, jika Anda menerima panggilan telepon tak terduga dari teman atau sahabat Anda di tengah-tengah hari kerja Anda, hanya untuk mengatakan “Aku Kangen!”. “I Miss You!”
Mungkin kamu Benar
kalimat ini sangat efektif dalam menekankan suatu argumen. Implikasinya ketika Anda mengatakan, “Mungkin kamu Benar”,  adalah kerendahan hati mengakui, “mungkin aku salah”. Mari kita hadapi itu. Bila Anda memiliki argumen dengan seseorang, biasanya yang Anda lakukan adalah memperkuat sudut pandang anda. Mereka (teman atau sahabat anda), atau anda, mungkin tidak akan merubah pendapat dan ini sering berakibat pada resiko serius rusaknya hubungan. Mengatakan, “Mungkin kamu benar”, dapat membuka pintu untuk masuk lebih dalam. Anda kemudian dapat memiliki kesempatan untuk mengekspresikan pandangan Anda dengan cara yang lebih dimengerti orang lain. “May be you’re Right!
Maafkan Aku Sobat
Banyak hubungan yang rusak bisa dikembalikan dan disembuhkan jika orang-orang yang terlibat mengakui kesalahan mereka dan meminta maaf. Kita semua rentan terhadap kesalahan, kelemahan dan kegagalan. Tidak ada salahnya untuk lebih dahulu mengucapkan,”Maafkan aku sobat” tanpa mennggu teman atau sahabat anda benar-benar tersinggung atau marah, baik oleh ucapan atau tingkah laku kita. Please Forgive Me!
Terima Kasih
Ucapan ini, mengandung banyak arti. Bukan saja kepada orang yang menerima ucapan ini, tapi juga bermakna syukur kepada Allah Yang Maha Esa. Membiasakan mengucapkan terima kasih, kepada siapa saja akan menimbulkan penghormatan dan pengakuan bahwa mereka berguna bagi  kita. Demikian ucapan yang kita berikan kepada teman atau sahabat, akan mempuyai arti yang dalam, dan mereka akan lebih merasa dihargai. Thank You!
Kamu Dapat Mengandalkan Aku
 Loyalitas merupakan unsur penting bagi persahabatan sejati. Hal ini ibarat perekat ikatan emosional. Ketika masalah datang, seorang teman atau sahabat dapat menghibur dan memberinya kekuatan “Kamu dapat mengandalkan saya.” Kata-kata ini kan dipahami bahwa anda loyal kepadanya dan akan selalu berjalan disampingnya kapanpun dia butuhkan. Count on Me!
 Pergilah, kejar mimpimu
Kita semua individu yang unik.  Jangan mencoba agar teman atau sahabat Anda sesuai dengan cita-cita Anda. Mendukung mereka dalam mengejar impian mereka, tidak peduli seberapa jauh mereka akan pergi. Dan semangat itu akan tumbuh, bila anda mendorong dan mendukungnya, untuk itu anda bisa katakana padanya,”pergilah, kejar mimpimu”. Go For It!
Aku Mencintaimu
 Mengatakan kepada seseorang bahwa Anda benar-benar mencintai mereka, dapat memenuhi kebutuhan emosional terdalam seseorang. Kebutuhan untuk merasa dimiliki, merasa dihargai dan diinginkan. Pasangan Anda, anak-anak Anda, teman Anda dan Anda, semua perlu mendengar dan sangat mengharapkan dua kata ini,  “Aku mencintaimu”. I Love You!

Hanya itu yang bisa saya sebutkan, ada yang bisa menambahkan???

 

 

Tulisan ini adalah Re-Posting dari Baguserek.blogspot.com,,buat Om Bagus matur nuwun!!!!

 

 

2 comments on “Kata Yang Menguatkan Persahabatan

  1. nalurisendu
    1 Agustus 2011

    info nya menarik..dpt menjaga n memperkuat hubngn pershabatan yg tlah ada..! :-)

    • mbaheariel
      2 Agustus 2011

      insyaallah om,,,
      semoga dengan adanya tulisan ini,,pembaca akan mencoba mempraktekkannya!!!
      Amiinn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 31 Juli 2011 by in cerpen kaya makna, Heart, Keluarga, Profil, Psikologi and tagged , , , , , , , , , .
%d blogger menyukai ini: