Ngudari Ruwet Renteng

Mencoba memahami kepribadian

Jakarta oh Jakarta


Postingan kali ini memang agak terlambat,karena ulang tahun Jakarta udah tanggal 22 Juni kemarin,tapi postingan ini baru bisa terbit hari ini,tapi nggak apalh demi meriahin HUT Jakarta.22 Juni 2011,Jakarta memasuki usia yang ke 484 tahun yang atinya lebih tua dari uia Republik ini yang baru akan menginjak usia 66 tahun pada bulan Agustus mendatang.Tapi usia tersebut tak lebih tua dari usia kota kelahiran saya,Nganjuk.yang telah berusia 1074 tahun pada bulan April lalu.

Ditilik dari sejarah,dipilihnya 22 juni sebagai hari ulang tahun jakarta dikarenakan pada tanggal tersebut,Fatahillah mengubah nama Sunda Kelapa menjadi Djajakarta (ejaan lama “dibaca Djayakarta”).22 Juni 1527 menjadi tonggak lahirnya kota yang sekarang menjadi Ibukota Republik Indonesia ini.Saat sejarah mulai bergulir,dan VOC mulai memasuki tanah Jawa,nama Djayakarta diubah menjadi Batavia,namun seiring prjalanannya nama Batavia diubah lagi menjadi Jakarta seperti yang anda kenal saat ini.

Sejak ditetapkan menjadi ibukota Negara Republik Indonesia mneggantikan Yogyakarta,Jakata mnjadi kota yang berkmbang secara cepat hingga menjadi kota metropolitan di negeri ini.Pada era gubernur Sutiyoso sempat tecetus konsp kota Megapolitan yakni kota dngan segala tatanan yang teratur dan terkonsep.Namun hingga saat ini hl tersebut belum terwujud dan hanya jadi konsep belaka.Bicara tentang Jakarta belum lengkap klau blum tahu berbagai hal yang jadi ciri khas Jakarta.Berikut hal-hal tersebut :

1. Ondel-Ondel

Seni arak-arakan yang hampir mirip dengn Reog (tapi nggak pake kesurupan ) ini menggunakan 2 boneka besar sebagai iconnya.2 boneka ini dahulunya dipercaya sebagai penolak bala.Diringi musik orkes has betawi,tanjidor,kemeriahan seni arak-arakan ini semakin terasa apalagi disaat hari ulang tahun Jakarta seprti saat ini.

 

 

 

 

2. Lenong

Pertunjukan semacam opera (buat orang barat) yang dibumbui dengan drama,lawak dan seni musikal,tak lupa dengan dialog pantunnya.Penampilan kocak dari setiap Wayangnya membuat lenong digemari para penikmatnya.Namun ironisnya ,saat ini Lenong nampaknya mulai ditinggalkan dan dilupakan.

 

 

 

 

3. Kerak Telor

Kudapan khas Kota Jakarta ini menjadi suguhan utama dalam perhelatan Jakata Fair 2011 di Kemayoran.Makanan dengan bahan utama beras ketan ini menjadi daya tarik kuliner Jakarta selain soto Betawi,Semur Jengkol,dan Pucung Gabus.

 

 

 

 

 

 

 

4. Tugu Monas (Monumen Nasional)

Menara setinggi …… meter ini menjadi pesona wisata bagi warga yang tinggal di Kota Jakata dan sekitarnya.Kalo orang Jakarta sering bilang “belum lengkap ke Jakarta kalo belum ke Monas”.Menara yang juga berfungsi sebagai museum ini berdiri kokoh sejak tahun ….. ,dengan ujung yang dihiasi emas seberat 35 kilo (sumber : buku bahasa inggris kelas 3 sma).

 

 

 

 

 

5. Macet

Bukan Jakarta namanya kalo nggak macet,tiap hari,tiap waktu,macet melulu yang dikeluhin warga Jakarta.Volume kendaraan yang membludak semakin menambah parah kemacetan Jakarta,ketidak tertiban pengguna jalan juga ikut memperparah keadaan.

 

 

 

 

6. Sampah

Selain macet,sampah juga menjadi masalah bagi ibukota negara Indonesia ini.Ribuan meter kubik sampah tiap harinya dihasilkan waganya,alhasil sampah Jakarta tak tertampung dengan baik.Imbas dari membludaknya sampah,kali-kali yang harusnya menjadi pembelah kota juga menjadi tempat sampah raksasa.Akibatnya,banjir hampir tiap tahun menyambangi Jakarta.

 

 

 

 

 

 

7. Salak condet dan Elang bondol

Salak condet dan Elang bondol merupakan icon kota jakarta dalam moda transportasi,utamanya busway (trans Jakarta ).Tapi menurut liputan TRANS7 kini salak endemik Jakarta itu mulai sukar ditemui,begitupun dengan Elang bondol yang penyebarannya tinggal di beberapa pulau di kepulauan seribu.

 

 

 

 

Kayaknya Cuma segitu yang saya ketahui tentang Jakarta,mungkin memang masih banyak lagi hal-hal yang menjadi ciri khas Jakarta,dan orang yang asli Jakarta pasti udah tahu beberapa hal tersebut. Dan untuk kota Jakarta,Selamat ulang tahun yang ke 484,semoga jaya dan makin maju…..

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 25 Juni 2011 by in artikel, Blog, Heart, Profil, Psikologi and tagged , , , , , , , , , , , , .
%d blogger menyukai ini: