Ngudari Ruwet Renteng

Mencoba memahami kepribadian

Berawal dari Blog


Awalnya,saat menjalani kegiatan blogging (ngegarap blog) saya Cuma iseng-iseng menuangkan segala unek-unek dan isi hati.Namun seiring berjalannya waktu,setelah kurang lebih 3 bulan blogging,saya merasakan perubahan.Mulai dari ,kebanggan tesendiri saat melihat tulisan yang saya buat muncul di mesin pencarian.Jadi ikut-ikutan up to date berita yang lagi hot di dunia maya,Jadi kepikiran tiap hari pengen update artikel.Punya beban terselubung,supaya bisa buat artikel yang menarik dan tidak asal-asalan,sampai-sampai tiap hari nyari topik buat artikel (Jadi inget masa-masa sekolah waktu disuruh ngumpulin tugas,apalagi tugas Bahasa Indonesia).Corat-coret,foto-foto,corat-coret,foto-foto,corat-coret,foto-foto,nulis,nulis,nulis,,,,,itu saja yang paling banyak dilakukan untuk “ngejar setoran” dealine tulisan di blog.

Mulai dari artikel tentang filosofi,psikologi,sosial budaya,bahkan saya sempat pula menulis tentang masa-masa SMA dulu.Sulitnys menulis dan mngemas tulisan yang betema tentang keadaan masyarakat membuat saya jarang menuliskannya,tapi memang ada juga tulisan saya yang berisi tentang sosial masyarakat diantaranya tntang anak jalanan,yang sudah saya posting.Puisi buatan saya juga ikut menghiasai blog saya,ya meskipun tak sebagus hasil karya Chairil Anwar,namun puisi itu cukup membuat saya merasa ,Ohhh ternyata saya bisa membuat sebuah puisi.Beberapa pembaca yang sempat meninggalkan komentarnya untuk tulisan saya,membuat saya lebih bersemangat nge-blog .Memang belum terlalu banyak pengunjungnya,tapi beberapa pengunjung dari luar daerah sudah cukup membuat saya bangga tulisan saya dibaca orang.

Penyakit kecanduan blog-pun dimulai,tiap kali ke warnet bisa menghabiskan waktu yang cukup banyak (meskipun Cuma seminggu sekali,karena terlalu sibuk,,,hehehe).Namun tiapkali menatap komputer ide-ide aneh muncul,setiap lihat blog orang lain yang bagus,pengen,ngeliat artikel bagus,pengen,mantengin tampilan blog yang unik,pengen (kayaknya jadi sepeti anak kecil,setiap liat apapun pengen).Modif tampilan,utak-atik widget,edit-edit html,nulis,browsing tulisan bagus(mau di copy paste,tapi nggak sering-sering),ngirim e-mail ke teman buat minta ide kreatifnya,dan tentu saja bikin konsep itulah yang saya lakukan tiapkali ngeliat blog milik saya.Sibuk promosi di media jejaring sosial (biar banyak yang buka),bahkan saking narsisnya di akun jejaring sosial saya saya asih alamat blog saya (maklum,blogger pemula,,,,wajar kalo narsis).

Namun imbas positif dari demam blogging ini saya jadi rajin membaca buku-buku yang aneh,unik,pasaran,ngebosenin pokoknya banyak deh,,,,,tapi saya jarang masukin soal-soal pelajaran sebagai posting,seperti apa yang dilakukan salah seorang teman saya yang masukin soal-soal kuliahnya,TI (Tehnik Informatika) kedalam blognya,katanya biar banyak yang ngunjungin.Kalo saya lihat blog teman saya tersebut,memang sejak dia memasukkan soal-soal kuliahnya,blog miliknya banyak yang ngunjungin.Sebenernya saya sering kesulitan mencari tema tulisan,saya sering bertanya kepada blogger yang sudah mumpuni,tapi sering dijawab katanya”tulis aja gayamu sendiri,nggak usah niruin gaya orang lain,pasti hasilnya lebih asyik dibaca”.Hingga akhirnya saya menulis seperti apa yang dikehendaki hati saya (ciiiieeehhhh udah kayak penulis aja kata-katanya).

Setiap kali browsing,nyariin melulu blog orang,dilihat,dibaca,terus dicontek deh (tapi bukan tulisannya lho) paling nyontek widgetnya,soalnya punya orang lain banyak yang bagus.Seringnya searching membuat saya kadang penasaran,hingga saya pun mencari SMP 3 BAGOR sebagai kata kuncinya,sampai akhirnya beberapa waktu lalu saya menemukan blog milik guru SMP saya ( Bapak Anang Dwijo Suryanto).Dan wow,,,,,Blog miliknya bagus,,,,,tak lama kemudian saya kontek beliaunya,eh beliau bersedia mengunjungi blog milik saya yang bisa dikatakan masih bayi,setelah saya kirim alamatnya lewat komentar pada blog beliau,bahkan beliau bersedia meninggalkan satu komentar didalamnya.Hati saya senang bukan main,karena dibalik acara iseng-iseng saya nge-blog,saya bisa terhubung  dengan pengajar saya waktu SMP . Alhamdulillah , silaturrahmi yang selama ini terputus bisa terjalin kembali.

Beberapa pertanyaan yang agak nyeleneh saya ajukan pada beliau lewat e-mail,dan beliau menjawab pertanyaan saya tersebut lewat e-mail pula.Beliau juga banyak bercerita mengenai perkembangan sekolah tempat dahulu saya menuntut ilmu selama 3 tahun.Setelah mendengar cerita beliau,terbersit dalam hati saya untuk membuat sebuah tulisan mengenai riwayat sekolah saya dahulu,namun hingga keluarnya tulisan ini keinginan itu belum sempat terwujud.Saya juga ingin menuliskan tentang kampung halaman yang membesarkan dan mendidik saya,saya ingin semua orang tahu dimana tempat saya dilahirkan,saya ingin orang tahu bagaimana tempat yang dahulu menyimpan kenangan indah saya bersama orang-orang tercinta.Namun bukan perkara mudah untuk menghidupkan kenangan tersebut dalam sebuah goresan pena,banyak hal yang mungkin harus disaksikan untuk merasakannya.

Kalau bicara tentang blogging,sebenarnya saya sudah memulainya ketika saya masih duduk dikelas 2 SMA,namun karena belum terlalu faham dan khatam blog pertama saya tersebut tidak saya kelola dengan baik hingga akhirnya terbengkalai dan tidak dapat digunakan kembali (mubadzir).Klik DISINI untuk melihat blog pertama saya.Padahal kala itu mungkin saya masih punya banyak ide segar untuk dituangkan dalam bentuk tulisan (Maklum,kala itu masih sekolah , jadi tugaspun bisa jadi postingan, apalagi tugas Bahasa Indonesia).Setelah hal tersebut,emangat untuk nge-blog kendur,hingga akhirnya bermula dari sebuah event kumpul bareng D’Blogger yang dilaksanakan di Gandaria City,Jakarta,semangat saya untuk nge-blog muncul lagi.Sebenarnya saya sendiri tak ikut hadir dalam acara terebut,namun  oleh seorang teman saya,saya dibawakan sebuah brosur berisi alamat beberapa blog yang sudah mapan.Jujur saya iri melihat blog-blog tersebut,dan akhirnya mulai januari 2011 saya kembali nge-blog,dengan mengambil basis blogdetik perjalanan nge-blog pun dimulai….jreng,,,jreng,,,

Yah,,,,,,,,,,,berawal dari blog-lah saya memulai beberapa hal baru,menemukan kembali semangat,dan tentu saja menjalin silaturrahmi dengan para penghuni dunia maya.Rasa bangga dengan memiliki sebuah blog saya rasakan sebagai sebuah hal yang bisa memotivasi diri saya,dan memacu kreativitas yang selama ini terpendam.Hingga menggali kembali memorabilia saya tentang masa lalu,ceita masa-masa sekolah,cerita masa-masa bermain dengan teman-teman sebaya waktu SD,sampai cerita yang paling berkesan dalam perjalanan hidup saya.Dari blog pula saya menjalin hubungan teman-teman yang terbentang jarak,Yah,,,,,,semuanya berawal dari BLOG…

3 comments on “Berawal dari Blog

  1. SQ
    1 Mei 2011

    Kunjungan pertama, Salam kreatif, keep moving..terus nge blog yaaa

    • mbaheariel
      1 Mei 2011

      ok,,,,,,trimakasih juga,,,,,,udah mau ngunjungin blog yang masih anak-anak ini,,,,,,,,,,,Mohon kritik dan saran apabila Mas bersedia!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on 30 April 2011 by in Blog, cerpen kaya makna, Psikologi, Uncategorized and tagged , , , , , .
